Minggu, 8 April 2007

Pemateri :

Syaikhu Busiri

** Pengurus DKG Periode I dan juga Aktivis P2PT2A.

Kris Ajie A.W

** Sebagai Guru Seni Rupa di SMA NU 1 Gresik, Seniman Lukis Gresik Dan juga Pengurus DKG Periode I


Jalan panjang Dewan Kesenian adalah bagaimana menemukan perumusan yang tepat berada di tengah-tengah antara masyarakat seni, masyarakat umum dan para pengendali kebijakan. Perjalanan Dewan Kesenian Gresik (DKG) yang terseok-seok lebih diakibatkan oleh belum adanya titik temu yang bisa menjadi awal gerak atau rumusan platform setiap agenda besar atas gerak kesenian di Gresik.

DKG yang pernah ada masih dipandang belum mampu menangkap geliat dan delagat kemasyarakatan melalui media kesenian. Masih juga belum ditemukan rumusan yang tepat untuk mencatat setiap elemen kebudayaan. Bik itu inventarisasi data seniman, data kelompok dan kegiatan, maupun data karya cipta. Hal ini lebih disebabkan oleh tingginya factor tidak percaya atas pembentukan DKG awal, sampai akhirnya berimbas pada sikap apriori masyarakat seni di Gresik.

Maka perlu dirumuskan siapa saja yang berhak untuk duduk di DKG. Perlunya melibatkan masyarakat seniman, dikarenakan dewan ini merupakan “dewan mereka” juga. Pun perlunya dilibatkan beberapa birokrat sebagai elemen pendukung, akhirnya melahirkan wacana, sejauh mana DKG mampu bekerja independent. Dalam hal ini diartikan bahwa setiap kebijakan yang bermuara dari DKG adalah hasil rumusan murni yang berasal dari kepentingan kerja kesenian dan kebudayaan.

Munculnya strategi yang bagaimana nantinya untuk perjalanan tim DKG ke depan adalah merupakan kepentingan setiap seniman. Maka diperlukan pengurangan sikap apriori di kalangan seniman bila ingin mewujudkan seperti apa pola kesenian Gresik ke depan. Maka diperlukan keterlibatan aktif para masyarakat seni di dalam DKG.

Akhirnya ditemukan secercah titik terang, ketika ditawarkan kepada masyarakat seni untuk mendapat porsi lebih besar dalam kepengurusan DKG ke depan.Tentudengan harapan bahwa keterlibatannya merupakan sebagaian dari perwakilan kepentingan menumbuhkan gairah berkesenian masyarakat Gresik.

 

Depan          Diskusi

Copyright © kelompok Cager Gresik