Minggu, 06 Juni 2004

Efek Suara ala Zithermania Pentas musik FSS malam ini akan menampilkan dua kelompok musik kreatif. Mereka adalah Ensemble Zithermania dari Bandung dan Komunitas Limbah Cager dari Gresik. Keduanya sama-sama membawa kejutan bagi penonton. Apa itu? Kelompok Zithermania akan memainkan komposisi lagu yang diramunya untuk menciptakan efek quadrophonic, sedangkan Komunitas Limbah Cager akan memainkan alat-alat musik dari barang-barang bekas pabrik.

Apa itu quadrophonic? Menurut pendiri sekaligus komposer Zithermania, Dedy S. Hadianda, quadrophonic adalah suatu permainan alat musik yang dapat menciptakan efek empat sudut suara. “Kalau biasanya kita nonton pertunjukan suaranya hanya dari depan, dengan quadrophonic penonton akan merasakan efek suara dari depan, samping, dan belakang. Yah, kayak kita nonton bioskop gitu,” papar Dedy sambil menambahkan bahwa efek quadrophonic akan muncul saat memainkan komposisi Buka Pintu. Pada komposisi inilah, Zithermania yang tampil dengan 10 pemain, akan memberikan kejutan pada penonton, seperti memutar-mutarkan alat musik seperti selang (diberinya nama scare cow) yang akan menciptakan efek suara tersendiri untuk menimbulkan efek quadrophonic.

Kelompok yang berdiri sejak 1993 itu akan membawakan sembilan komposisi, yaitu Buka Pintu, Genggong Giring, Ngigau, Latah, Ga den Cak, Circle Six, Jipang Jalu, Entog Mulang, Jaleuleu Blues dan La Kandela. Meski kental dengan irama Sunda-nya, komposisi Zithermania juga mendapat pengaruh dari Minang, Sulawesi, Padang Panjang dan Latin. “Kami tidak hanya main musik saja di sini, tapi juga ada unsur teatrikalnya,” imbuh pria kelahiran 1 Juni 1964 ini. Dalam pentasnya nanti, Zithermania akan mengusung beberapa alat musik andalannya seperti kecapi, ukulele, digeridoo, perkusi, gitar dan kendang.

Sumber : Jawa Pos.

 

 

Depan          Kliping

Copyright © kelompok Cager Gresik