Sebuah kelompok yang berawal dari kegiatan diskusi permasalahan yang krusial dan intens sejak tahun 1981-1983 secara keliling dari rumah ke rumah anggota. Selanjutnya membentuk diri sebagai Kelompok CAGER dan memilih bertindak melalui jalur kesenian dan kebudayaan sejak 1987 sampai sekarang. Melalui divisi Sastra, divisi Teater dan divisi Musik, melakukan gerakan-gerakan kesenian dan kebudayaan.

Mengikuti setiap dinamika masyarakat Gresik khususnya dan dinamika Indonesia pada umumnya, menangkapnya sebagai bagian dari diri, lingkungan lalu berproses dan berkarya, adalah salah satu ciri khasnya. Selanjutnya membawanya berkeliling melewati Surabaya, Lamongan, Solo, dan Jakarta untuk ditawarkan sebagai hasil temuan hidup, buah pikiran yang menghasilkan kegiatan budaya yang lain. Sekaligus sebagai tawaran tindakan bagi elemen masyarakat yang lain.

Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh Kelompok CAGER bukan saja semata-mata beredar di wilayah kesenian, namun juga berbuat nyata dengan menyentuh bidang seni melalui pendidikan. Melalui workshop-workshop musik, teater dan sastra, baik yang dilakukan atas dasar inisiatif intern maupun melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan. Mulai dari mengenalkan teater di tataran ekstrakurikuler maupun intrakurikuler di tingkat SD, SMP, SMU. Dan di divisi sastra bersama Departemen P & K telah melakukan Workshop tentang Bagaimana Memahami Sastra bersama guru-guru Bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMU se-Gresik.

Eksistensi pemikiran di ataslah yang mendorong Kelompok CAGER untuk senantiasa berbuat dan terus menerus berusaha berkembang. Baik dalam karya maupun dalam hal yang lainnya.

Proses demi Proses yang kami lakukan sampai saat ini bukan semata-mata arti dari sebuah eksistensi. Namun lebih sebagai upaya untuk BERPIKIR dan BEKERJA

 

Copyright © Cager Gresik

3 Tanggapan to “Kelompok Cager Gresik”

  1. arik Says:

    assalamualaikum wr.wb…sedulur2…
    Permisi, arep moco lan ngutip kegiatane arek gresik, kanggo nyambung seduluran.Kanggo tombo kangen poro perantau.
    Silahkan mampir http://www.arekgresik.multiply.com

    Sukses kelompok cager!

    wassalam


  2. Permisi…ikut copy profilnya ya….
    mau saya masukkan juga di website kami supaya lebih meluas

  3. afa Says:

    Assalmu’alaikum…
    mas,,,mbak,,,,
    saya mahasiswa arsitektur UB lagi mempersiapkan skripsi,
    insya Allah saya pengennya mengangkat CAGER ini sebagai objek kajian yang nantinya saya jadikan dasar merancang “Balai Budaya CAGER (pusat pembelajaran dan pelestarian budaya di Gresik)”.

    apakah mas, mbak sekalian berkenan dengan rencana saya ini?kalau rencana ini terlaksana, saya mohon bimbingan dari mas,mbak sekalian. terima kasih.

    wassalau’alaikum

    tjutjudhemank@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s